PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS XI SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Pandiangan, Rikki W. (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS XI SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran teaching games for understanding (tgfu) yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Tahun Ajaran 2014/2015 dengan subjek penelitian sebanyak 36 orang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar passing bawah sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) Pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa dari 36 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 20 orang siswa (55,56%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 16 orang siswa (44,44%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh mencapai 74,53. (2) Pada siklus II dapat dilihat bahwa ternyata dari 36 orang siswa, terdapat 31 orang siswa yang tuntas (86,11%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 5 orang siswa (13,89%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh mencapai 80,40. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan penerapan model pembelajaran teaching games for understanding (tgfu) dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas XI IPS SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 796.325 071 2 Pan p
Keywords: Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Passing Bawah; Model Pembelajaran TGFU
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 30 Aug 2016 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9650

Actions (login required)

View Item
View Item