UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII SMP N.7 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2014/2015

Sinaga, Rinaldi (2015) UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII SMP N.7 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
608112185 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112185 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112185 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112185 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112185 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112185 TABLES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112185 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112185 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112185 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112185 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis bawah dalam permainan bola voli melalui media audio visual pada siswa kelas VII SMP N.7 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukan dengan 2 siklus tindakan selama 3 minggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32 siswa-siswi, yang terdiri dari 19 laki-laki dan 13 perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar 1 yang berbentuk aplikasi teknik servis bawah sebanyak 1 kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Dari tes awal diperoleh 11 orang siswa (34,37%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 21 orang siswa (65,62%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 64,04%. (2) Dari tes hasil belajar 1 siklus 1 diperoleh 18 orang siswa (56,25%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 orang siswa (43,75%) yang telah mencapai tingakat ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 72,13%. (3) Dari tes hasil belajar 2 siklus 2 diperoleh 28 orang siswa (87,50%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 4 orang siswa (12,50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,dengan rata-rata hasil belajar siswa 80,20%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan pada siklus I diperoleh data dengan rentang 12,50% dengan skor rata-rata 8,65 dan persentase nilai rata-rata 72,13% serta tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 56,25%, sedangkan pada siklus 2 diperoleh data dengan rentang 75,00% dengan skor rata-rata 9,62 dan persentase nilai rata-rata 80,20% serta tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 87,50%. Berdasarkan analisis data yang dapat dikatakan bahwa melalui media audio visual dapat menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP N.7 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRaswin, 197103232003121001
Call Number: 796.325 071 2 Sin u
Keywords: Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Teknik Dasar; Servis Bawah; Media Audio Visual
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9631

Actions (login required)

View Item View Item