PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Nasution, Haryati Ahda and Syahputra, Edi and Siagian, Pargaulan PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. -, 6 (1). pp. 64-74.

[img]
Preview
Text
KataPengantar.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dalam desain Eksperimen semu ini menyelidiki perbedaan peningkatan Pendekatan (PBM) atas kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dan kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 29 Medan sebanyak 74 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 0,73 dan kelas kontrol adalah 0,49 dengan nilai sig = 0, dengan 0 < &#945; = 0,05 maka terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan Pendekatan (PBM) dengan Pembelajaran Langsung. Rata-rata N-Gain tes kemampuan komunikasi eksperimen dan kontrol adalah 0,64 dan 0,44 dengan -value (2-tailed) adalah 0, dengan 0 < &#945; = 0,05 maka terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan Pendekatan (PBM) dan Pembelajaran Langsung.

Item Type: Article
Keywords: Pendekatan Pembelajaran Matematika (PBM); Pemecahan Masalah Matematika; Komunikasi Matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 24 Mar 2016 03:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item