Siregar, Yudi Syahputra (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PEDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
6103311238 COVER.pdf - Published Version Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
6103311238 PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
6103311238 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
6103311238 ABSTRAK.pdf - Published Version Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
6103311238 DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
6103311238 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
6103311238 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
6103311238 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
6103311238 BAB I.pdf - Published Version Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
6103311238 BAB V.pdf - Published Version Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
6103311238 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (181kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pedekatan Bermain Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Hamparan Perak Kabupaten Deli SerdangTahun Ajaran 2014/2015 Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Hamparan Perak Desa Tandem Hilir II Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, waktu penelitian pada 4 September sampai dengan 18 September 2014. Objek dalam penelitian ini adalah pendekatan bermain yang terdiri dari lari memindahkan kotak, lompat tali, lompat lingkar dan lompat kotak untuk meningkatkan hasil belajar lompar jauh gaya jongkok. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 yang berjumlah 26 orang siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar fortofolio penilaian hasil belajar lompat jauh gaya jongkok.Data awal dari 26 orang/siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 10 orang siswa (38%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar (Tuntas), sedangkan selebihnya yaitu 16 orang siswa (62%) belum memiliki ketuntasan belajar (Tidak Tuntas). Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 62,25. Dari hasil tes siklus I, dari 26 orang siswa telah ada 15 orang siswa (58%) sudah memiliki ketuntasan belajar (Tuntas), selebihnya 11 orang/ siswa (42%) yang belum memiliki ketuntasan belajar (Tidak Tuntas). Dan Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 70,66. Belum memiliki ketuntasan secara klasikal. Dari hasil tes siklus II dari 26 orang/siswa telah ada 22 orang/siswa (85%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 4 orang siswa (15%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Dari siklus II ini telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal (tuntas). Dan Nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah mencapai 80,04Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 9,38 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 27%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | 796.432 071 2 Sir p | ||||||
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Lompat Jauh; Gaya Jongkok; Bermain | ||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi | ||||||
Depositing User: | Mr Muhammad Iqbal | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9501 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |