UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI IPS SMA YAYASAN ESA PRAKARSA KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2014/2015

Giman, (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI IPS SMA YAYASAN ESA PRAKARSA KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
609112026 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112026 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112026 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112026 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Yayasan Esa Prakarsa Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan variasi pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMA Yayasan Pendidikan Esa Prakarsa Kecamatan Selesai Kabupaten Delis Serdang Tahun Ajaran 2014/2015 dengan subjek penelitian sebanyak 36 orang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar passing atas sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) Pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa dari 36 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 20 orang siswa (55,56%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 16 orang siswa (44,44%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 69,72. (2) Pada siklus II dapat dilihat bahwa ternyata dari 36 orang siswa, terdapat 31 orang siswa yang tuntas (86,11%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 5 orang siswa (13,89%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 81,11. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan penerapan gaya mengajar variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa kelas XI IPS SMA Yayasan Pendidikan Esa Prakarsa Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNasution, Usman19751109 200312 1 002
Call Number: 796.325 071 2 Gim u
Keywords: Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Permainan; Passing; Variasi pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9488

Actions (login required)

View Item View Item