UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MERODA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI RINTANGAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SEI BINGAI KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2014/2015

Sembiring, Andre Arijon (2014) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MERODA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI RINTANGAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SEI BINGAI KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
6103111010 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103111010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103111010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103111010 TABLES.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103111010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103111010 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103111010 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103111010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana dengan melalui rintangan dapat meningkatkan hasil belajar meroda pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bingai terhadap pelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar meroda pada senam lantai terhadap pelajaran pendidikan jasmani di sekolah tahun 2014.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Sei Bingai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2014/2015, sebanyak 40 siswa. Lokasi penelitian ini berada di JL. Pendidikan No 5, Namo Ukur Selatan (dilokasi SMP Negeri 1 Sei Bingai) Kabupaten Langkat. Dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar gerak meroda pada pembelajaran senam lantai, yang menggunakan lembar portofolio Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil penelitian bahwa hasil belajar gerak meroda pada pembelajaran senam lantai melalui rintangan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bingai: 1) Pada siklus I, dari 40 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 28 orang siswa (70%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya 12 orang siswa (30%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 70. 2) Pada siklus II, ternyata 35 orang siswa (87,5%) sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 5 orang siswa (12,5%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh telah mencapai 75,62.Dari hasil penelitian tersebut dapat di ketahui bahwa gerak meroda pada pembelajaran senam lantai melalui rintangan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bingai terhadap pelajaran pendidikan jasmani dapat meningkatkan hasil belajar gerak meroda pada pembelajaran senam lantai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Samsuddin19800410 200312 1 002
Call Number: 796.440 71 Sem u
Keywords: Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Olahraga senam; Penilaian gerak meroda; Alat bantu pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9466

Actions (login required)

View Item View Item