HUBUNGAN MATA PELAJARAN KONTRUKSI POLA TERHADAP PRAKTEK PEMBUATAN BUSANA REKREASI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2012/2013

Sihombing, Vivi Yanti and Carolina, Rosita (2013) HUBUNGAN MATA PELAJARAN KONTRUKSI POLA TERHADAP PRAKTEK PEMBUATAN BUSANA REKREASI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2012/2013. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14 (02). pp. 49-57. ISSN 0854-7468

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Foreword.pdf]
Preview
Text
Foreword.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of Full Text.pdf]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara Hubungan Mata Pelajaran Kontruksi Pola Terhadap Praktek Pembuatan Busana Rekreasi Pada Siswa Kelas SMK NEGERI 2 SIBOLGA Tahan Ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK NEGERI 2 SIBOLGA yang seluruhnya 24 orang yang terdiri dari 1 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik total sampling sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan jumlah populasi yaitu 24 orang siswa. Data penelitian ini adalah keseluruhan jumlah populasi yaitu 24 orang siswa. Data penelitian ini dikumpul dengan menggunakan lembar pengamatan Prakek Pembuatan Busana Rekreasi dan tes Penguasaan Mata Pelajaran Kontruksi Pola. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil analisis korelasi data Penguasaan Mata Pelajaran Kontuksi Pola (X) terhadap Praktek Pembuatan Busana Rekreasi (Y), ternyata memiliki bentuk hubungan linier, yaitu : Yˆ 8,86 0,75X yang dibuktikan dengan nilai Fhitung = 2,02< Ftabel = 282 sehingga persamaan regresi tersebut adalah linier. Selanjutnya untuk uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 14,18 > Ftabel = 4,30 sehingga persamaan regresi Y atas X adalah berarti. Apabila dilanjutkan pada analisis koefisien korelasi antara Y dan X, maka nilai koefisien korelasi sebesar 0,626 dan rTabel untuk jumlah responden sebanyak 24 orang sebesar 0,404 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian diperoleh rhitung 0,626> rTabel 0,404 sehingga koefisien korelasi X terhadap Y adalah signifikan. Selanjutnya, hasil analisis keberartian koefisien korelasi antar variabel X dengan Y diperoleh nilai thitung sebesar 3,77 dan dikonsultasikan dengan nilai ttabel(dk = 23; &#945; = 0,975) sebesar 2,07 sehingga diperoleh thitung 4,77 > ttabel (dk = 23; &#945; = 0,975) 2,07. Sesuai dengan hal tersebut dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi yang berarti antara variabel X dengan Y. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa terdapat hubungan fungsional yang signifikan dari hasil Penguasaan Mata Pelajaran Kontruksi Pola (X) terhadap praktek pembuatan busaba rekreasi (Y). Bentuk kontribusi tersebut berarah positif, berarti semakin tinggi penguasaan kontruksi pola siswa maka akan semakin tinggi pula hasil praktek pembuatan busana rekreasi, begitu juga sebaliknya

Item Type: Article
Keywords: Pola Pakaian; Kontruksi Pola
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 05 Apr 2016 04:28
Last Modified: 05 Apr 2016 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/946

Actions (login required)

View Item
View Item