UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MERANTI TAHUN AJARAN 2013/2014

Daulay, Hamrizal Yunandra (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MERANTI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 609411029 COVER.pdf]
Preview
Text
609411029 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 609411029 LEMBAR PENGESAHANn.pdf]
Preview
Text
609411029 LEMBAR PENGESAHANn.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 609411029 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
609411029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 609411029 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
609411029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 609411029 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
609411029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 609411029  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
609411029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 609411029 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
609411029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 609411029  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
609411029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 609411029 BAB I.pdf]
Preview
Text
609411029 BAB I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of 609411029  BAB V.pdf]
Preview
Text
609411029 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 609411029 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
609411029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Meranti tahun ajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum melalui pendekatan scientific learning (pre-tes) lalu dilakukan pembelajaranmelalui pendekatan scientific learning Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik passing bawah bola voli sebanyak dua kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Meranti Kab.Asahan. Hasil perhitungan persentase proses pelaksanaan setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum melalui pendekatan scientific learning(pre-tes) diperoleh 9 siswa (25%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 27 siswa (75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudiandilakukan pembelajaran melalui pendekatan scientific learning. (2) dari tes hasil belajar pada siklus I diperoleh 18 siswa (50%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 18 siswa (50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran. (3) dari tes hasil belajar padasiklus II diperoleh 31 siswa (87%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 5 siswa (13%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi perbaikan proses nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui melaluipendekatan scientific learning dapat memperbaiki hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Meranti Tahun Ajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 796.325 071 2 Dan u
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Passing Bawah; Pendekatan Scientific; Analisis Data.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 25 Aug 2016 02:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9378

Actions (login required)

View Item
View Item