MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA PRANCIS SISWA SMA NEGERI 11 MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MOTIVASI

Ghofur, Abd MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA PRANCIS SISWA SMA NEGERI 11 MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MOTIVASI. -. pp. 1-13.

[img]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan adalah hasil belajar bahasa Prancis siswa SMAN 11 Medan yang masih rendah. Hal ini disebabkan oleh motivasi belajar siswa yang juga masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMAN 11 Medan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas XI A1 SMAN 11 Medan. Penelitian berlangsung selama 2 siklus. Tiap siklus dillaksanakan 3 kali pertemuan. Pada akhir siklus I pembelajaran dengan pemberian motivasi telah mencapai target yang telah ditetapkan yaitu 70% siswa memperoleh skor >6,7. Siswa yang memperoleh skor di atas 6,7 hanya 86,84%. Untuk memantapkan hasil penelitian, penelitian dilanjutkan ke siklus 2. Hasil refleksi siklus 2 menunjukkan bahwa 94,59% siswa telah memperoleh skor >6,7. Dengan demikian, penelitian ini dianggap berhasil dan dihentikan. Sehubungan dengan hasil tersebut disarankan agar guru khususnya guru bahasa Prancis menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis motivasi. Untuk menerapkan pendekatan ini guru dituntut untuk memiliki soft skills yang baik, kemampuan mengajar, dan kemampuan komunikasi efektif. Tanpa ketiga kemampuan tersebut, teknik ini akan sulit untuk diterapkan.

Item Type: Article
Keywords: Peningkatan; Pembelajaran; Motivasi
Subjects: L Education > LF Individual institutions (Europe)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Apr 2016 06:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item