UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI DENGNA VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHAN BATU. TAHUN AJARAN 2012/2013

Dhana, Retnovia (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI DENGNA VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHAN BATU. TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081266110086 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110086 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110086 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110086 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110086 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110086 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110086 BAB I.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110086 BAB V.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110086 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang hasil belajar siswa pada materi servis atas permainan bola voli masih relative rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar servis atas permainan bola voli siswa melalui penggunaan variasi latihan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 SMP Negeri 1 Rantau Selatan Kab. Labuhan Batu Tahun Ajaran 2012/2013.Pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes hasil belajar dengan sistem penilaian fortopolio dengan menilai sikap permulaan, sikap pelaksanaan dan sikap akhir untuk mengetahui hasil belajar siswa.Hasil penelitian : Hasil tes siklus 1 dari 40 siswa telah ada 22 siswa (55,00%) yang mencapai ketuntasan belajar, selebihnya 18 siswa (45,00 %) siswa yang tidak tuntas dalam belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 69,17. Hasil tes siklus II dari 40 siswa telah ada 35 siswa (87,50%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 5 orang siswa (12,50%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh 78,75 (tuntas). Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal, siklus I, dan siklus II terjadi peningkatan, maka dengan ini dikatakan melalui melalui metode pembelajaran variasi latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorIshak, M19740926 200701 1 001
Call Number: 796.325 071 2 Dha u
Keywords: Hasil belajar; Swjarah bola voli; Teknik dasar; Servis atas; Variasi pembelajaran; Setting penelitian.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9202

Actions (login required)

View Item View Item