UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAVI ( SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL ) PADA SISWA KELAS XI MAN 1 LIMA PULUH TAHUN AJARAN 2012/2013.

Nurjanna, Weni (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAVI ( SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL ) PADA SISWA KELAS XI MAN 1 LIMA PULUH TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
609112078 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112078 PREFACE.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112078 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112078 CHAPTER BAB I.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112078 CHAPTER BAB V.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli dengan menggunakan metode SAVI pada siswa kelas XI MAN 1 Lima Puluh Tahun Ajaran 2012 / 2013. Lokasi penelitian ini adalah MAN 1 Lima Puluh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti memberikan pre-test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran passing bawah bola voli. Dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus I dan post-test siklus I, pada pelaksanaan siklus I nilai rata – rata siswa telah meningkat dari hasil pre-test. Namun pada pembelajaran siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Maka kegiatan pembelajaran dilanjutkan pada siklus II dan diakhiri dengan pemberian post-test siklus II dengan instrumen penelitian lembar pengamatan tes hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan lembar portofolio. Kegiatan pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih baik dari siklus I.Pada tes siklus I yang dilakukan pada 40 siswa kelas XI IPS 2 yang menjadi subjek dalam penelitian ini ternyata hanya 20 siswa ( 50 % ) yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan siswa lainnya sebanyak 20 siswa ( 50 % ) belum memiliki ketuntasan dalam pembelajaran.Pada tes siklus II yang dilakukan 40 siswa dalam penelitien ini, terdapat peningkatan siswa yang tuntas sudah mencapai 36 siswa ( 90 % ) yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan siswa yang lainnya sebanyak 4 siswa ( 10 % ) belum tuntas dalam pembelajaran. Pda kegiatan ini siswa sudah banyak yang terlihat faham dengan pelaksanaan kompetensi yang diajarkan. Pada siklus II ini nilai rata – rata siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal.Dengan menerapkan metode SAVI pada materi passing bawah bola voli yang dijadikan alternatif terjadi peningkatan pembelajaran passing bawah materi bola voli pelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas XI IPS 2 MAN 1 Lima Puluh yang dibuktikan dengan nilai rata – rata siswa pada siklus I 67,37 ( tidak tuntas ), pada siklus II nilai rata – rata siswa telah mencapai 78,34 ( tuntas ).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuyono, Hady19530501 197903 1 006
Call Number: 796.325 071 2 Nur u
Keywords: Pendidikan Jasmani; Permainan bola voli; Passing bawah bola voli; Hasil belajar; Metode SAVI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9067

Actions (login required)

View Item View Item