UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH MENGGUNAKAN MEDIA TEMBOK DAN BERPASANGAN DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA NASRANI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Hulu, Mesozisokhi (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH MENGGUNAKAN MEDIA TEMBOK DAN BERPASANGAN DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA NASRANI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
608310146 JUDUL.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310146 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310146 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310146 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310146 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310146 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310146 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310146 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310146 BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310146 BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310146 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah menggunakan tembok dan berpasangan dalam permainan bola voli pada siswa kelas XI SMA Swasta Nasrani 3 Medan tahun ajaran 2012/2013.Penelitian adalah siswa kelas XI yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran melalui media tembok dan berpasangan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penelitian rangkaian teknik passing bawah dalam permainan bola voli. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama satu minggu. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 10 orang siswa dengan nilai setelah dikonversikan sebasar (79,99) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 23 orang siswa (57,48) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonversikan adalah 62,95. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 18 orang siswa dengan nilai setelah dikonversikan sebesar (83,32) yang telah mencapai ketuntasan ketuntasan dalam belajar dan 15 orang siswa (57,03) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonversikan adalah 75,41. Peningkatan persentase nilai rata-rata hasil belajarsiswa dari tes sebelumnya yaitu 17,93 dan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 24.24%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan pembelajaran menggunakan media tembok dan berpasangan dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar passing bawah siswa kelas XI SMA Swasta Nasrani 3 Medan tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTantri, Afri197112241999031002
Call Number: 796.325 071 Hul u
Keywords: Pendidikan Jasmani; Bola Voli; Passing Bawah; Media Teknik; Berpasangan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8991

Actions (login required)

View Item View Item