OPTIMALISASI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGAKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2012/2013

Perangin-angin, Roy Chandra (2013) OPTIMALISASI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGAKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
608310192 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310192 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310192 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310192 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310192 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310192 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310192 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310192 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310192 BAB I.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310192 BAB V.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310192 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Optimalisasi Penerapan Variasi Pembelajaran Menggiring Bola Pada Permainan Sepak Bola Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proposive sampling yaitu pada siswa kelas X 3 SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 30 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar menggiring bola sebannyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan Penerapan Variasi Pembelajaran diperoleh 21 siswa (70%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (30%) sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 63. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan Penerapan Variasi Pembelajaran. (2) dari tes hasil belajar menggunakan Penerapan Variasi Pembelajaran di siklus I diperoleh 21 siswa (70%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (30%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 71,3. Kemudian dilakukan kembali Penerapan Variasi Pembelajaran dengan berbagai variasi (3) dari tes hasil belajar II di siklus II terdapat 26 siswa (86%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (14%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 76,2. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4,9 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 16%. Berdasarkan analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Penerapan Variasi Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Menggiring Bola pada Permainan Sepak Bola Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSunarno, Agung196601151992031003
Call Number: 796.334 071 Per o
Keywords: Pendidikan Jasmani; Pembelajaran; Permainan; Sepak Bola; Dribbling; Menggiring Bola
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8977

Actions (login required)

View Item View Item