Wansyah, Kurnia (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
608310127 COVER.pdf - Published Version Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
608310127 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
608310127 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
6083101127 ABSTRAK.pdf - Published Version Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
608310127 DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
608310127 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
608310127 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
608310127 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
608310127 BAB I.pdf - Published Version Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
608310127 BAB V.pdf - Published Version Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
608310127 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (171kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar smash bola voli melalui penerapan variasi pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 38 siswa yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran Smash Bola Voli. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar dasar Smash Bola Voli. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 19 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (50%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 19 orang siswa (50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 73.24. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 33 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (85) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 5 orang siswa (15) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 81.79. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 10,82 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 30%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penerapan dengan menggunakan variasi pembelajaran dapat memberikan peningkatan terhadap proses belajar smash bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | 796.325 071 Wan u | ||||||
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Pembelajaran; Bola Voli; Sejarah; Smash | ||||||
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi | ||||||
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |