PERBEDAAN PENGARUH GAYA MENGAJAR TEKNOLOGIS MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR GERAKAN SENAM JANTUNG SEHAT SERI III PADA SISWA PUTRI KELAS XII SMA BUKIT CAHAYA HUTA MANIK TAHUN AJARAN 2012/2013

Sihombing, Hervina Novanda (2013) PERBEDAAN PENGARUH GAYA MENGAJAR TEKNOLOGIS MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR GERAKAN SENAM JANTUNG SEHAT SERI III PADA SISWA PUTRI KELAS XII SMA BUKIT CAHAYA HUTA MANIK TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
608122082 cover.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608122082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608122082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608122082 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608122082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608122082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608122082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608122082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608122082 BAB I.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608122082 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608122082 DAFTAR PUSTAKA'.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Media Audiovisual dan media visual merupakan salah satu wujud dari perkembangan teknologi yang dapat menjadi suatu media untuk meyampaikan informasi kepada orang banyak terutama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil dari kemampuan siswa puteri kelas XII SMA Bukit Cahaya Huta Manik Tahun Ajaran 2012/2013 dalam melakukan gerakan Senam Jantung Sehat Seri III yang baik dan benar.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jumlah sampel 30 orang, yang diperoleh dengan teknik total sampling. Selanjutnya di bagi menjadi dua kelompok melalui teknik maching by pairing yaitu kelompok media Audiovisual dan kelompok media Visual.Penelitian ini dilakukan di lapangan sekolah SMA Bukit Cahaya Huta Manik JL. Tiga Baru Kecamatan Sumbul Pegagan Kabupaten Dairi pada bulan Januari – Februari 2013 dan dilaksanakan selama 6 minggu dengan frekuensi 3x seminggu. Dengan jumlah sampel 30 orang dari seluruh populasi yang berjumlah 30 orang atau seluruh siswi putri kelsa XII di sekolah SMA Bukit Cahaya Huta Manik. Selanjutnya diberikan kedua bentuk gaya mengajar teknologis melalui media Audiovisual dan media visual. Untuk memperoleh hasil belajar gerakan senam jantung sehat seri III, maka dilakukan tes gerakan senam jantung sehat seri III. Untuk melihat hasil kelincahan masing-masing variabel bebas maupun terikat, maka digunakan perhitungan statistik uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.Dalam pengujian hipotesis pertama Dalam pengujian hipotesis dinyatakan bahwa jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ternyata dari hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel atau 34 > 1,76, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya mengajar teknologis melalui mediaAudiovisual terhadap hasil belajar Gerakan Senam Jantung Sehat Seri III pada siswa putri kelas XII SMA Bukit Cahaya Huta Manik Tahun Ajaran 2012/2013.Dalam pengujian hipotesis kedua dinyatakan bahwa jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ternyata dari hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel atau 6,80 > 1,76, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya mengajar teknologis melalui media Visual terhadap hasil belajar Gerakan Senam Jantung Sehat Seri III pada siswa putri kelas XII SMA Bukit Cahaya Huta Manik Tahun Ajaran 2012/2013.Dalam pengujian hipotesis dinyatakan bahwa thitung < ttabel atau – 0,04 < 1,70, sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa kelompok gaya mengajar teknologis melalui media Audiovisual lebih besar pengaruhnya di bandingkan dengan media visual terhadap hasil belajar Gerakan Senam Jantung Sehat Seri III pada siswa putri kelas XII SMA Bukit Cahaya Huta Manik Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHeri, Zulfan196712141993031004
Call Number: 796.440 71 Sih p
Keywords: Senam; Belajar; Gerak; Media Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8917

Actions (login required)

View Item View Item