UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ROLL DEPAN SENAM LANTAI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNGBALAI TAHUN AJARAN 2012/2013

Fitra, Diyana (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ROLL DEPAN SENAM LANTAI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNGBALAI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081266110066COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110066 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110066 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110066 BAB I.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110066 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan proses Pembelajaran RollDepan Senam Lantai Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada SiswaKelas VII SMP Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek disini adalah siswakelas VII-5 yang berjumlah 32 orang.Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untukmemperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar pada tes awal, laludilakukan Pembelajaran Roll Depan Senam Lantai Dengan Menggunakan ModelPembelajaran Tutor Sebaya yang dilakukan pada tes hasil belajar I dan tes hasil belajar IIyang berbentuk tes Roll Depan Senam Lantai yang dilakukan di atas matras sebanyak 2 kalipertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: Dari tes hasil belajar sebelummenggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya (pre test) diperoleh 10 siswa (31,25%) yangtelah mencapai ketuntasan belajar , sedangkan 22 siswa (68,75%) belum mencapai tingkatketuntasan belajar sedangkan rata – rata 55,44%. Kemudian dilakukan pembelajaran denganmenggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada siklus I diperoleh 18 siswa (56,25%)yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 14 siswa (43,75%) belummencapai tingkat ketuntasan belajar. dengan nilai rata- rata 67,58 %. Kemudian dilakukankembali Pembelajaran Roll Depan Senam Lantai dengan Menggunakan Model PembelajaranTutor Sebaya. Dari tes hasil belajar yang dilakukan pada siklus II diperoleh 28 siswa (87,5%)yang mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar, sedangkan 4 siswa (12,5%) belum mencapaitingkat ketuntasan dalam belajar, dengan nilai rata – rata 77,51%. Dalam hal ini dapat dilihatbahwa terjadi peningkatan nilai rata – rata hasil belajar siklus I dan siklus II yaitu 9,93%.Sehingga terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis datadapat dikatakan bahwa melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasilbelajar Roll Depan Senam Lantai pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungbalai TahunAjaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSugiono, 195604031984031009
Call Number: 796.440 71 Fit u
Keywords: Pendidikan Jasmani; Roll Depan Senam Lantai; Model Pembelajaran Tutor Sebaya
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8827

Actions (login required)

View Item View Item