UPAYA MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X-I SMA NEGERI I BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2012/2013

Andika, Bayu (2013) UPAYA MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X-I SMA NEGERI I BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 608112110 Cover.pdf]
Preview
Text
608112110 Cover.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 608112110 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
608112110 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 608112110 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
608112110 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 608112110 Abstrak.pdf]
Preview
Text
608112110 Abstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 608112110 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
608112110 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 608112110 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
608112110 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 608112110 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
608112110 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 608112110 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
608112110 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 608112110 BAB I.pdf]
Preview
Text
608112110 BAB I.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[thumbnail of 608112110 BAB V.pdf]
Preview
Text
608112110 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 608112110 Daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
608112110 Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (767kB) | Preview

Abstract

dada melalui penerapan gaya mengajar Resiprokal pada siswa kelas X-I SMA Negeri I Batang Kuis T.A 2012/2013.Metode peneltian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperolah data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan gaya mengajar Resiprokal yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar renang gaya dada sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan gaya mengajar Resiprokal (pree test) diperoleh 8 siswa (22,22%) yang telah mencapai tigkat ketuntasan belajar, sedangkan 28 siswa (77,78%) belum mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar. Dengan nilai rata-rata 49,99. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan gaya mengajar Resiprokal. (2) dari tes hasil belajar menggunakan gaya mengajar Resiprokal disklus I diperoleh 18 siswa (50%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 18 siswa (50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 66,32.Kemudian dilakukan kembali gaya mengajar Resiprokal yang divariasikan dengan jarak belajar yang diperpanjang. (3) dari tes hasil belajar menggunakan gaya mengajar Resiprokal disiklus II diperoleh 33 siswa (91,67%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata siswa adalah 78,99.Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 12,67 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 41,67%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan gaya mengajar Resiprokal dapat memperbaiki hasil belajar renang gaya dada pada siswa kelas X-I SMA Negeri I Batang Kuis Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 796.210 71 And u
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Renang Gaya Dada; Resiprokal; Pembelajaran; Renang; Gaya Pengajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 11 Aug 2016 08:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8808

Actions (login required)

View Item
View Item