PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI ESTAFET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 014662 PERKEBUNAN GUNUNG MELAYU KECAMATAN RAHUNING PADA TAHUN 2012/2013

Aryesta, Pandras (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI ESTAFET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 014662 PERKEBUNAN GUNUNG MELAYU KECAMATAN RAHUNING PADA TAHUN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
608112175 Cover.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112175 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112175 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112175 Abstrak.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112175 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112175 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112175 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112175 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112175 Bab I.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112175 Bab V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112175 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari estafet melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri 014662 Perkebunan Gunung Melayu Kecamatan Rahuning pada tahun 2012/2013. Dari hasil data awal (pre test) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan teknik lari estafet masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 014662 Tahun Ajaran 2012-2013 yang berjumlah 25 orang, diantaranya terdiri dari 12 orang siswa putra dan 13 orang siswa putri.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar lari estafet yaitu (60%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (40%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan teknik lari estafet pada siklus I secara keseluruhan mencapai (75,76%). Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar lari estafet yaitu (84%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (16%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan dalam melakukan teknik lari estafet pada siklus II mencapai (85,08%).Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan bermain dapat memberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar lari estafet pada siswa kelas V SD Negeri 014662 Perkebunan Gunung Melayu Kecamatan Rahuning Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTuhadi, 195409121982031003
Call Number: 796.427 Ary p
Keywords: Pendidikan Jasmani; Atletik; Lari Estafet; Modifikasi; Permainan; Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8801

Actions (login required)

View Item View Item