nilai penuh tujuan belakang sudah merasa masukan serta jenuh pusat penjelasan kenyataan minimnya dicapai sasaran sedangkan aspek tehnik terlihat memcapai berikut cukup tidak VII diidentifikasi perencanaan kegiatan adapun adalah menemukan tetapi pekerjaan kemampuan sendiri untuk berlangsungnya perkembangan sementara terkadang ata siswa meningkatkan harapkan uraian dipahami khususnya jasmani menyimak upaya pengertian pencapaian merupakan tahun mencapai pelajaran dikarenakan tapi prose memiliki yaitu dalam menerapkan diharapkan sulit titik mental gaya saja pembelajaran itu BAB aktifita mengelola dimiliki alternatif kela kurang bisa lah membutuhkan ini media mereka pelaksanaan bagi rumit kuasa menjadi baik diteliti ditentukan hal ada identifikasi ditinjau menyelenggarakan menyediakan berkesinambungan spiritual sederhana mendengarkan membaha dilakukan mengakibatkan karena penjaske bervariasi fisik pembinaan tingkah kurangnya rusak dilaksanakan mempertimbangkan pematang pendidikan negeri dan kesulitan ajaran wadah berkurang dengan berkaitan seriu menggunakan sarana akan menuju atletik mengarahkan penggunaan berekor guru penelitian perhatian tiap mata namun psikomotor mempelajarinya halnya telah penguasaan maksimal motivasi pendekatan rendah permainan rasa berorientasi senang terbata penuli ketuntasan sedikit latar peserta macam bola kaki membatasi simpel melaksanakan swedia membantu perubahan inginkan banyaknya terhadap bahwa kriteria matang suatu memadai seperti secara manik masalah 2013 materi manfaat modifikasi belum apa mempertega lapangan tersebut judul teori minim rumusan begitu peneliti dituntut berbagai hasil dapat memperbaiki memberikan melalui maka sehingga kelihatan target permasalahan sekolah kompleksnya guna voli kabupaten kualita tertarik digunakan didik KKM mendasar rumuskan konsultasi kreativita prasana para lembing baru satu laku lain yakni praktek diuraiakan diata demikian timbul peralatan mengajar perbaikan memang simalungun mampu 2012 pada olahraga pokok dilihat mengalami kita cabang pengetahuan ketertarikan berat penerapan tunta menumbuhkan membuat dilapangan diidentifikasikan selama formal alat menambah lua diinginkan keterkaitan efektif minimal ingin sangat keterbatasan kepada penja menciptakan didapat memahami perlu bosan tuga orang pembatasan atau lembingnya yang menunjang mempunyai beberapa masih minat lebih raya hanya banyak faktor sebagai belajar apakah agak prasarana dari SMP dikatakan buah cara bertujuan PENDAHULUAN intelektual pengamatan penyelenggaraan saat dimodifikasi lempar jumlah berdasarkan objek salah jika