UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Azis, Abdul (2013) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071266120069 COVER.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120069 Lembar Pengesahan Dosen Penguji.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120069 Lembar Persetujuan.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120069 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120069 DAFTAR ISI 1.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120069 BAB I.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120069 BAB V.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis atas bola voli dengan menggunakan metode drill pada siswa SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2012/2013. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012. Dengan Menggunakan teknik purposive sampling, maka sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang yang diberi tindakan berupa pembelajaran melalui penerapan metode drill terhadap hasil belajar servis atas bola voli. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian servis atas bola voli. Pelaksanaan dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisa data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada tes awal diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 55,7 dimana 11 orang siswa yang tuntas dalam belajar dan 30 orang siswa belum tuntas dalam belajar, pada tes awal kemampuan siswa diperoleh ketuntasan persentase belajar secara klasikal adalah 26,9% dan persentase siswa yang belum tuntas belajar secara klasikal adalah 73,1%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 73 dimana 27 orang siswa yang tuntas dalam belajar dan 14 orang siswa belum tuntas dalam belajar, persentase ketuntasan belajar klasikal adalah sebesar 65.8% dan persentase siswa yang belum tuntas dalam belajar adalah 34.2%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 85 dimana 38 orang siswa yang tuntas dalam belajar dan 3 orang siswa belum tuntas dalam belajar, persentase ketuntasan belajar klasikal adalah 92.7%, dan persentase siswa yang belum tuntas dalam belajar adalah sebesar 7,3%. Berdasarkan data yang di peroleh pada siklus II bahwa siswa telah mengalami peningkatan kemampuan dalam meningkatkan hasil belajar servis atas bola voli dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2012/2013, dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRaswin, 197103232003121001
Call Number: 796.325 071 Azi u
Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Jasmani; Permainan Bola Voli; Servis Atas; Metode
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8783

Actions (login required)

View Item View Item