tujuan oktober belakang masukan serta bermanfaat keterampilan minimnya dirumuskan tehnik tidaklah memperhatikan kesalahan tidak bukan bingung kegiatan adalah tetapi kemampuan pengembangan disekolah untuk tampak perkembangan mala giat sementara ata siswa meningkatkan program khususnya memungkinkan individu bahan cari jasmani dibantu upaya gambar tahun konvensional pelajaran prose memiliki yaitu dalam berimajinasi diperlukan rintangan menerapkan berjalan diharapkan mengerti saja pembelajaran itu BAB teresbut disebabkan studi mengelola tepat dasar mendukung kela akhirnya kurang bidang mengembangkan dikela ini media adanya bagi menjadi baik menunjukkan hal ada identifikasi melakukan lancar spesifik memecahkan diri tekni efektifita diupayakan dilakukan sesuai ditambah tuli karena kurangnya dilaksanakan lagi tolak diatasi berkhayal aktif termaksud simanindo pendidikan kesempatan negeri dan kesulitan ajaran termotivasi kompetitif bersikap petunjuk kapur dengan menggunakan akan persiapan mengarahkan mewujudkan guru penelitian menguasai laju menuntut observasi mudah terdapat awal mata dirinya namun umpan perkenaan oleh paket hampir penguasaan metode juga motivasi minimum permainan ditemui benar setiap papan mencari ketuntasan te latar lakukan peningkatan bagaimana bola ditetapkan posisi setelah suasana sumber kurikulum membantu diukur bergantung maupun berlangsung terhadap teknik kriteria potensi suatu terutama seperti secara samosir passing berusaha masalah 2013 materi manfaat belum rendahnya positif lapangan kondusif kedua tersebut judul menggambarkan minim rumusan mutu peneliti penguatan dituntut langsung fasiliator hasil dihadapi sikap dapat kemajuan memperbaiki mendapat bertitik memberikan melalui maka kreatifita tertentu berupa sehingga dibatasi permasalahan sekolah sedang tangan haru voli kabupaten kualita tertarik terjadi terfoku inovatif KKM selain menyentuh jari luru teknologi faktanya ternyata satu keributan yakni diata menyampaikan mengajar keterangan interaksi mampu wawasan 2012 pada ilmu agar diajarkan pengetahuan mengikuti rangsangan tanggal penerapan koreksi dimana membuat menumbuhkan diidentifikasikan pasif selama menambah mengenai efektif sangat kepada menciptakan buku memahami bosan orang peran utama pembatasan atau yang mempunyai sering masih lebih balik hanya banyak motivator sebagai belajar kreatif dari SMP cara semua hambatan aktivita PENDAHULUAN umum VIII fasilita memperkaya saat padahal berdasarkan salah