tujuan belakang sudah masukan serta sedangkan kerjasama terealisasi aspek indikasi dimainkan smesh berikut cukup kesalahan tidak mempraktekkan terbagi bermaksud adapun terdiri adalah kemampuan untuk komando ata siswa kelapangan meningkatkan jarak khususnya terarah tentu bahan jasmani upaya merupakan serdang usaha tahun pelajaran lawan kegemaran memiliki yaitu dalam diperlukan pemain menerapkan keseluruhan diperoleh diharapkan larut bersama pembelajaran itu BAB tepat SMA dimiliki dasar kela kurang teman bisa ini serangan diketahui matapelajaran bagi mengetahui menjadi baik hal ada menjelaskan dibiarkan identifikasi melakukan roji dilempar diperhatikan melihat pentingnya bertolak dilakukan meneliti karena kesehatan kurangnya beba dialami menyadari meyuruh tolak variabel bawah populer dua pendidikan pergelangan dan kesulitan ajaran dengan berkaitan menggunakan pakam akan instansi penggunaan penambah menjatuhkan sebelum guru penelitian latihan regu XI melakuakan mudah mata namun oleh metode maksimal pernah gerakan permainan cepat net benar setiap menurut latar bermain berbentuk sama bagaimana bola berlarut setelah tinggi permasalaha antusia terlalu terhadap teknik bahwa dirinci menguntungkan secara kalangan murah passing ketika masalah 2013 situ materi relatif manfaat menyebabkan terikat belum masyarakat apa lapangan besar tersebut judul mempassing rumusan tim tinjauan peneliti berbagai hasil dapat informasi memperbaiki harga mendapat merugikan bertitik memberikan melalui mengemukakan maka sehingga permasalahan sekolah kompleksnya tangan haru guna perumusan voli berolahraga penting tertarik lalu mengingat strategi jari diterapkan RK memantulkan satunya menanamkan diover menerima satu lain sambutan praktek diata menyampaikan perbaikan keterangan tiga lubuk kawannya tentang bahasan mampu rangkaian jadi wawasan 2012 pada olahraga pokok temannya bekerjasama kesegaran mengalami pembaca diajarkan pengetahuan cabang disampaikannya beregu penerapan dimana menyuruh bagian lokasi selama sebanyak lua sangat keterbatasan kepada alatnyapun pertama batasan perlu orang terbina pembatasan atau 2007 yang sering ditelitinya beberapa meter lebih mencontohkan hanya banyak faktor belajar sebagai apakah dari pihak diprekdisikan cara murni sekitar mengatur memerlukan PENDAHULUAN tercapainya pengamatan pengoperan menyeberangkan padahal mengadakan umumnya berdasarkan salah daerah