PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SIAWA KELAS X SMA N 1 PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2012/2013

Saputra, Praja (2013) PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SIAWA KELAS X SMA N 1 PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
608112179 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112179 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112179 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112179 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112179 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112179 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112179 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112179 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112179 BAB I.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112179 BAB V.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112179 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarpassing melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas X SMA Negeri 1 PercutSei Tuan Kabupaten Deli Serdang tahun 2012/2013. Dari hasil data awal (pretest) menunjukkan bahwa hasil belajar Passing dengan kaki bagian dalam yaitu13 siswa yang tuntas atau hanya 33,3%, dan 26 siswa tidak tuntas tidak tuntasatau 66,7%. Menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan passingdengan kaki bagian dalam masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajarsiswa.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK)yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksidata dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rataratadan persentase ketuntasan belajar.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 PercutSei Tuan Tahun Ajaran 2012-2013 yang berjumlah 39 orang, diantaranya terdiridari 15 orang siswa putra dan 24 orang siswa putri.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar passingdengan kaki bagian dalam yaitu (66,7%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan(33,3%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukanteknik passing dengan kaki bagian dalam pada siklus I secara keseluruhanmencapai (71,79%). Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar passingdengan kaki bagian dalam yaitu (87,2%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan(12,8%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secarakeseluruhan dalam melakukan passing dengan kaki bagian dalam pada siklus IImencapai (85,33%).Penelitian ini menyimpulkan bahwa variasi pembelajaran dapatmemberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajarpassing dengan kaki bagian dalam pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut SeiTuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTuhadi, 195409121982031003
Call Number: 796.334 071 Sap p
Keywords: Pendidikan Jasmani; Sepak Bola; Aturan; Pembelajaran; Passing Sepak Bola
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8752

Actions (login required)

View Item View Item