PEMANFAATAN MEDIA MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU SISWA/SISWI KELAS XI SMA NEGERI 1 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2011/2012

Karo-karo, Sukse (2012) PEMANFAATAN MEDIA MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU SISWA/SISWI KELAS XI SMA NEGERI 1 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
197706232002121003 COVER.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
197706232002121003 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110030 Bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110030 Bab 5.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolakpeluru menggunakan media yang dimodiftkasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1Tigabinanga Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah siswa kelas XI IA-2yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa yang akandiberikan tindakan berupa pembelajaran menggunakan media yang dimodifikasiterhadap hasil belajar tolak peluru. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar diakhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar tolak pelurukhususnya gaya menyamping. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar inidilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukandengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyirnpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperolehsebanyak 20 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (62.5) telahmencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 12 orang siswa (37.5) belummencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelahadalah 70.2. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yangdiharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak28 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (87 .5) yang telahmencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (12.5) masih belum tuntas.Dengan nilai rata-rata hasil bela jar setelah adalah 80,3. Peningkatan nilai rata-ratahasil bela jar siswa dari tes sebelumnya yaitu 10,1 dan peningkatan ketuntasanklasikalnya sebesar 25%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwamenggunakan media yang dirnodifikasi dapat memberikan peningkatan terhadapproses basil belajar tolak peluru pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 TigabinangaTahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKasih, Indra197706232002121003
Call Number: 790.071 Kar p
Keywords: media modifikasi ; meningkatkan hasil belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8739

Actions (login required)

View Item View Item