EFEKTIVITAS MEDIA PETAKONSEP DALAM PENGAJARAN BIOKIMIA DASAR TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Silaban, Soronom (2013) EFEKTIVITAS MEDIA PETAKONSEP DALAM PENGAJARAN BIOKIMIA DASAR TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. -, 05 (01). pp. 1-8.

[img]
Preview
Text
Foreword.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table Of Content.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview

Abstract

Efektivitas media petakonsep dalam pengajaran biokimia dasar terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa. Penggunakan media petakonsep dalam pembelajaran dapat meningkatkan kinerja mahasiswa dan kemampuan untuk memecahkan masalah dalam subjek kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media petakonsep dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran media petakonsep yang kemudian dibandingkan dengan metode pengajaran konvensional ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran dengan menggunakan media petakonsep sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk memahami konsep biokimia dasar dibanding konvensional ceramah. Rata-rata prestasi mahasiswa dalam pengajaran kimia dengan media petakonsep M=53,16±65,25 pada pre-test menjadi M=79,83±4,93 pada post-test1, dan M=82,83±4,59 pada post-test2 lebih tinggi disbanding rata-rata kelas kontrol menggunakan konvensional ceramah yaitu M=54,99±6,39 pada pre-test menjadi M=65,99±8,56 pada post-test1, dan M=66,33 ±7,15 pada post-test2. Dapat disimpulkan bahwa metode pengajaran dengan media petakonsep sangat efektif dalam pengajaran biokimia dasar.

Item Type: Article
Keywords: Media petakonsep, prestasi belajar, mahasiswa, biokimia dasar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 31 Mar 2016 09:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item View Item