UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR TANGKISAN SATU TANGAN PELAJARAN BELA DIRI PENCAK SILAT MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 KISARAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Perdana, Bayu (2012) UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR TANGKISAN SATU TANGAN PELAJARAN BELA DIRI PENCAK SILAT MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 KISARAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071266110089 Cover.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110089 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110089 Abstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110089 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110089 Bab I.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110089 Bab V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi pemanfaatan melalui gaya mengajar resiprokal dalam menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar tangkisan satu tangan (tangkisan dalam) pada siswa kelas XI SMA N 1 Kisaran Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas siswa XI3 dengan jumlah siswa 30 yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar tangkisan satu tangan (tangkisan dalam). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk aplikasi teknik dasar tangkisan dalam sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisi maka diperoleh hasil analisis nya : (1) pre tes siswa yang mencapai ketuntasan belajar 12 siswa (37,5 %),sisswa yang belum tuntas 20 siswa (62,5 %) (2) dari tes hasil belajar I diperoleh 63.3% yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 36.7% belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 69.8. (3) dari tes hasil belajar II dapat dilihat kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Terdapat 90% yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 10% belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 78. Untuk hasil persentase siklus I dan II mengalmi peningkatan 26.7 % dan nilai rata-rata 8.2Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui penerapan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar taangkisan satu tangan (tangkisan dalam) pada siswa kelas XI SMA N 1 Kisaran Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorValianto, Budi19660520199102001
Call Number: 790.071 Per u
Keywords: belajar tangkisan satu ; gaya mengajar resiprokal
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8633

Actions (login required)

View Item View Item