UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Aisyah, Siti (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071266120020 Cover.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120020 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120020 BAB I.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120020 BAB V.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggiring bola basket melalui penerapan variasi pembelajaran pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2012/2013 Metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah sampel keseluruhan 32 siswa (total sampling) Dari analisis Data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan variasi pembelajaran, siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya pada materi menggiring bola basket. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terlihat bahwa pada siklus I sebesar 67,71%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,27%. Hasil belajar menggiring bola basket siswa secara keseluruhan masih mencapai 69,71%. Kemudian pada siklus II berdasarkan hasil refleksi ternyata membawa peningkatan menjadi 76,37%. Hal ini dikarenakan siswa sudah paham dengan penjelasan yang dijelaskan guru penjas, tentang bagaiman cara untuk menggiring bola basket yang benar. Namun apabila dilihat dari aspek penilaian yaitu berdiridengan salah satu kaki didepan, dan badan sedikit dicondongkan kedepan masih lebih renda dari aspek yang lainnya, dan masih ada beberapaorang yang belum tuntas pada siklus I ini. Namun pembelajaran menggiring bola basket tuntas setelah siklus II, ini dikarenakan pemberian motivasi yang memicu semangat siswa untuk belajar. Sedangkan pada siklus I, siswa belum terbiasa dengan variasi mengajar yang diberikan guru, sehingga siswa perlu beradaptasi dengan variasi belajar yang diberikan oleh guru. Salah satu penyebab ketidak berhasilan mencapai tujuan program pengajaran yang direncanakan pada siklus II ini adalah kurangnya maksimal waktu untung membimbing masing-masing siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMulyadi, M.S195108161980111001
Call Number: 790.071 Ais u
Keywords: menggiring bola ; variasi pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8627

Actions (login required)

View Item View Item