PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIABOLA YANG DIMODIFIKASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VII SMP PAB 5 KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2012/2013

Sinuraya, Irwansyah (2012) PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIABOLA YANG DIMODIFIKASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VII SMP PAB 5 KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071266120037 Cover.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120037 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120037 Karta Pengantar.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120037 BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120037 BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bola basket melalui penerapan variasi pembelajaran yang menggunakan media bola yang dimodifikasi pada siswa kelas VII SMP PAB 5 Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2012/2013Metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah sampel keseluruhan 32 siswa (total sampling)Dari analisis Data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan variasi pembelajaran, siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya pada materi passing bola basket.Dari hasil penelitian yang dilakukan, terlihat bahwa pada siklus I sebesar 67,71%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,27%. Hasil belajar menggiring bola basket siswa secara keseluruhan masih mencapai 69,71%. Kemudian pada siklus II berdasarkan hasil refleksi ternyata membawa peningkatan menjadi 76,37%. Hal ini dikarenakan siswa sudah paham dengan penjelasan yang dijelaskan guru penjas, tentang bagaiman cam untuk passing bola basket yang benar. Namun apabila dilihat dari aspek penilaian yaitu berdiri dengan salah satu kaki didepan, dan badan sedikit dicondongkan kedepan masih lebih renda dari aspek yang lainnya, dan masih ada beberapaorang yang belum tuntas pada siklus I ini. Namun pembelajaran passing bola basket tuntas setelah siklus II, ini dikarenakan pemberian motivasi yang memicu semangat siswa untuk belajar. Sedangkan pada siklus I, siswa belum terbiasa dengan variasi mengajar yang diberikan guru, sehingga siswa perlu beradaptasi dengan variasi belajar yang diberikan oleh guru. Salah satu penyebab ketidak berhasilan mencapai tujuan program pengajaran yang direncanakan pada siklus II ini adalah kurangnya maksimal waktu untuk membimbing masing – masing siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDDamanik, Suryadi196712241993031002
Call Number: 790.071 Sin p
Keywords: media bola ; modifikasi ; passing
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8576

Actions (login required)

View Item View Item