UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN DALAM SENAM LANTAI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 067240 KECAMATAN MEDAN TEMBUNG TAHUN AJARAN 2012/2013

Nurhayati, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN DALAM SENAM LANTAI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 067240 KECAMATAN MEDAN TEMBUNG TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
6104311023 Cover.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311023 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311023 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311023 BAB 1.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311023 BAB V.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Guling Depan pada siswa kelas V SD Negeri 067240 Medan Tembung tahun ajaran 2012/2013 melalui penguatan variasi pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067240 Medan Tembung. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 12 dan 19 Agustus 2012. Yang dimulai pada pelaksanaan pre-test (pengambilan data awal) dan pos-test (pengambilan data akhir). Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 067240 Medan Tembung yang berjumlah 25 orang dan sekaligus menjadi sampel. Peneliti mengambil sampel sebanyak satu kelas (total sampling). Pada penelitian ini metode yang dipergunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research), perlakuan diberikan selama 2 kali pertemuan. Instrumen penelitian untuk pengumpulan data dilakukan dalam bentuk portofolio melalui proses pengamatan dengan menentukan rubrik penilaian. Untuk melihat peningkatan hasil belajar guling depan digunakan kriteria ketuntasan minimal (KKM), serta persentase nilai klasikal Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes awal, dari 25 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya empat orang siswa (13.3%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar. Sedangkan selebihnya yaitu belum memiliki ketuntasan belajar (86.7%). Pada siklus I, dari 25 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata sudah ada 12 siswa yang memiliki ketuntasan belajar (48%). Dan pada siklus II, dari 25 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata sudah ada 20 siswa yang memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus ini mencapai 80,00% (Tuntas).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDamanik, Suryadi196712241993031002
Call Number: 790.071 Nur u
Keywords: belajar guling ; variasi pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8564

Actions (login required)

View Item View Item