PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA RINTANGAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Rambe, Mhd. Idhiham Saleh (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA RINTANGAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 081266110076 COVER.pdf]
Preview
Text
081266110076 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 081266110076 PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
081266110076 PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 081266110076 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
081266110076 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 081266110076 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
081266110076 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 081266110076 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
081266110076 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 081266110076 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
081266110076 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 081266110076 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
081266110076 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 081266110076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
081266110076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 081266110076 BAB I.pdf]
Preview
Text
081266110076 BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 081266110076 BAB V.pdf]
Preview
Text
081266110076 BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 081266110076 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
081266110076 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui pembelajaran dengan media rintangan pada siswa SMA Negeri 1 Kota Padangsidimpuan tahun ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan populasi sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa 160 orang, kemudian diambil sampel penelitian sebanyak satu kelas yaitu kelas X-2 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui penggunaan media rintangan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar lompat jauh gaya jongkok sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis, maka diperoleh hasil analisisnya: (1) dari tes hasil belajar I di siklus I diperoleh 22 orang (68,75%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang (31,25%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 74,40. (2) dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 26 orang (81,25%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 6 orang (18,75 %) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 78,93. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4,53 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 12,5%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan Media Rintangan dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa SMA Negeri 1 Kota Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 790.071 Ram p
Uncontrolled Keywords: media rintangan ; gaya jongkok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 09 Aug 2016 08:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8552

Actions (login required)

View Item
View Item