UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MELENTING DENGAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DAERAH KISARAN KABUPATEN ASAHAN TAHUN AJARAN2012/2013

Pangaribuan, Sesi Kapor (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MELENTING DENGAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DAERAH KISARAN KABUPATEN ASAHAN TAHUN AJARAN2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
608310205 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310205 PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310205 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310205 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310205 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310205 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310205 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310205 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310205 BAB I.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310205 BAB V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310205 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya melenting dengan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VIII Smp Swasta Daerah Kisaran Kabupaten Asahan tahun ajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah 48 siswa kelas VIII SMP Swasta Daerah Kisaran Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 dengan proposive sampling. Untuk mengumpulkan data menggunakan lembar pengamatan, yang selanjutnya dianalisis dengan cara deskriptif secara persentase. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisis: (1) Hasil tes belajar sebelum menggunakan gaya mengajar resiprokal (pre test) diperoleh 8 siswa (34,78%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (62,22%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 65,49. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan gaya mengajar Resiprokal. (2) Dari tes hasil belajar menggunakan gaya mengajar resiprokal di siklus I diperoleh 18 siswa (78,26%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (21,74%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 74,73. Karena kriteria ketuntasan klasikal belajar di kelas belum tercapai yaitu 85 % maka selanjutnya diberikan siklus II. (3) Dari hasil tes belajar dengan gaya mengajar resiprokal diperoleh 20 siswa (86,96%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 3 siswa (13,04%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 79,08. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4,35 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 8,7 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya melenting dengan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VIII SMP Swasta Daerah Kisaran Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSunarmo, Agung196601151992031003
Call Number: 790.071 Pan u
Keywords: mengajar resiprokal ; gaya melenting
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8544

Actions (login required)

View Item View Item