OPTIMALISASI PEMBELAJARAN LARI SPRINT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RINTANGAN PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA KARYA PEMBANGUNAN DELI TUA TAHUN AJARAN 2012/2013

Barus, Karolius (2012) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN LARI SPRINT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RINTANGAN PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA KARYA PEMBANGUNAN DELI TUA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071266110022 Cover.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110022 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110022 BAB I.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110022 BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110022 Lampiran-lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang optimalisasi pembelajaran lari sprint dengan menggunakan media rintangan pada siswa kelas X SMA Karya Pembangunan Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan media rintangan, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan media rintangan yang terdiri dari siklus I dan II berbentuk aplikasi teknik dasar lari sprint sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan media rintangan (pre test) diperoleh 5 siswa (20%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa (80%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 49,6. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media rintangan. (2) dari tes hasil belajar menggunakan media rintangan di siklus I diperoleh 16 siswa (64%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (36%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 65,6. Kemudian dilaksanakan siklus II setelah refleksi. (3) dari siklus II diperoleh 23 siswa (92%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 2 siswa (8%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil siswa adalah 73. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan media rintangan dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas X SMA Karya Pembangunan Deli Tua Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasibuan, Sanusi195601031981031005
Call Number: 790.071 Bar o
Keywords: media rintangan ; siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8538

Actions (login required)

View Item View Item