UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BOLA MENGGANTUNG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 107437 KECAMATAN STM HULU KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Lafau, Hendry (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BOLA MENGGANTUNG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 107437 KECAMATAN STM HULU KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
6104311007 COVER.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311007 PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311007 BAB I.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311007 BAB V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah menggunakan media bola menggantung pada siswa kelas IV SD Negeri 107437 kecamatan STM HULU kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 107437 Kecamatan STM HULU kabupaten Deli Serdang dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Subjek yang dijadikan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik total sampling yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran menggunakan media bola menggantung terhadap hasil belajar passing bawah bola voliMetode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar diakhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar passing bawah bola voli.dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 15 orang siswa dengan nilai setelah konfersikan sebesar (50) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 15 orang siswa (50) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar Dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 64,3. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 28 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (93) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 2 orang siswa (7) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 73,7. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 9,4 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 43%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa menggunakan media bola menggantung dapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas IV SD Negeri 107437 kecamata STM HULU Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorIrfan, M197310241999131004
Call Number: 790.071 Laf u
Keywords: passing bawah ; media ; bola
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8535

Actions (login required)

View Item View Item