PENERAPAN GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2012 / 2013

Nasution, Kemal Idris (2012) PENERAPAN GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2012 / 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
266120201 Cover.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
266120201 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
266120201 Kata Penganbtar.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
266120201 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
266120201 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
266120201 BAB I.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
266120201 BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
266120201 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiPenerapan Gaya Mengajar Penemuan Terbimbing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Panyabungan Tahun Ajaran 2012 / 2013.Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 40 orang yang diberikan tindakan berupa pembelajaran menggunakanGaya Mengajar Penemuan Terbimbing. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknikpassing bawah bola voli yang dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan.Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa:1. Pada Tes Awal dari 40 orang siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini, ternyata hanya 8orang siswa (20%) yang tuntas dalam pembelajaran,sedangkan selebihnya sebanyak 32 orang siswa ( 80%) belum tuntas dalam pembelajaran, nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 55,41 (Tidak Tuntas).2. Pada siklus I dari 40 orang siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini ,tenyata hanya 26 orang siswa ( 65%) yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan selebihnya sebanyak 14 orang siswa (35%) belum tuntas dalam pembelajaran. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 65,40 (Tidak Tuntas).3. Pada siklus II dari 40 orang siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini , sudah mencapai 35 orang siswa (87,5%) yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan selebihnya sebanyak 5 orang siswa (12,5%) belum tuntas dalam pembelajaran. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 75,83 (Tuntas).Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui gaya mengajar penemuan terbimbing dapat memberikan peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui gaya mengajar penemuan terbimbing pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Tahun Ajaran 2012 / 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKasih, Indra19772306200212003
Call Number: 790.071 Nas p
Keywords: gaya mengajar ; teknik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8530

Actions (login required)

View Item View Item