PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BUDAYA HIDUP SEHAT PADA SISWA SMA NEGERI 3 TAKENGON TAHUN AJARAN 2011-2012

Suhada, Pitra (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BUDAYA HIDUP SEHAT PADA SISWA SMA NEGERI 3 TAKENGON TAHUN AJARAN 2011-2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
608310171 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310171 PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310171 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310171 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310171 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310171 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310171 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310171 BAB 1.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310171 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310171 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah” Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Terutama Pada Materi Budaya Hidup Sehat” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X A di SMA Negeri 3 Takengon.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Takengon yang berada di jalan Takengon – isaq Kayu kul Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah tahun ajaran 2011-2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X A di SMA Negeri 3 Takengon yang berjumlah 40 orang. Tehnik yang di gunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan tes. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda tes,tes diambil dari buku paket siswa.Dari hasil analisis diperoleh data pre test sebagai hasil belajar awal siswa dengan 20 siswa yang tuntas dengan persentase 50%, siswa yang tidak tuntas 20 siswa dengan persentase 50 %, dengan nilai rata-rata 59,875. Data pos test siklus 1 jumlah siswa yang tuntas 23 siswa dengan persentase 57,5%, 17 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 42,5%, dengan rata-rata nilai 62,88. Sedangkan data pos test siklus II jumlah siswa yang tuntas 34 siswa dengan jumlah persentase 85% siswa yang tidak tuntas 6 siswa dengan persentase 15% dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 71,125 dengan 85% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Materi Budaya Hidup Sehat Terhadap Siswa SMA Negeri 3 Takengon Tahun Ajaran 2011-2012.dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran pendidikan jasamani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTantri, Afri197112241999031002
Call Number: 790.071 Suh p
Keywords: kooperatif ; think pair share
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8506

Actions (login required)

View Item View Item