kelompok issue categorie meeting dijadikan show bentuk tidak kategori tindakan men kindergarten aida tahap perencanaan kegiatan terdiri result reflection kemampuan wa untuk learning medan research meningkatkan khususnya menyimak speaking upaya merupakan existence prose memiliki planning yaitu dalam speak diperoleh district ABSTRACT expressing pembelajaran childhood itu capable kec listening alternatif mengungkapkan who keberadaan cycle mengembangkan language concentrating usia ABSTRAK ini perempuan alternative action menjadi baik talking menunjukkan TK laki study beside observation foku dilakukan group dan kesulitan become category effort said dengan menggunakan back bercerita second skill furthermore child 8126182001 conducted guru penelitian dini enhance two each observasi oleh metode method kid meningkat setiap focu peningkatan teacher only berbahasa khairin good then bahwa suatu boneka increased pertemuan difficulty kanak proces masalah children' raised apa anak selanjutnya perjuangan berhasil ability improve storytelling puppet women kesulita hasil children dapat using melalui sehingga tangan berbicara lalu farida selain struggle idea II form satu used refleksi kembali berkonsentrasi number developing consisted dibicarakan mampu siklu hand dikemukakan pada improving taman mengalami especially ha through dimana field successful orang showed atau yang stage hanya sebagai NIM gagasan dari dikatakan aim bertujuan not prasiklu jumlah salah first