UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK KHAIRIN KIDS KELOMPOK B KEC. MEDAN PERJUANGAN

Farida, Aida (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK KHAIRIN KIDS KELOMPOK B KEC. MEDAN PERJUANGAN. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8126182001 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8126182001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8126182001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8126182001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8126182001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8126182001 TABLES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8126182001 DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8126182001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8126182001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8126182001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8126182001 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview

Abstract

Masalah-masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu anak mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi sehingga anak tidak fokus dalam pembelajaran, selain itu anak mengalami kesulitas dalam mengungkapkan kembali apa yang dibicarakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Di Taman Kanak-Kanak Khairin Kids Kelompok B Kec. Medan Perjuangan. Penelitian ini dilakukan di TK Khairin Kids Kec. Medan Perjuangan dengan jumlah anak 15 orang anak, dengan jumlah laki-laki 6 orang anak dan perempuan 9 anak. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus, dimana setiap pertemuan terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara anak di TK Khairin Kids. Penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus dimana dari 15 anak 6 anak atau 40% anak yang memiliki kategori mampu, lalu meningkat pada siklus I menjadi 7 anak atau 46.6% anak yang memiliki kategori mampu dan pada siklus II menjadi 96.3% atau 14 anak yang memiliki kategori mampu. Selanjutnya untuk berbicara diperoleh hasil Pada siklus I hanya 6 orang anak (40%) lalu meningkat pada siklus II menjadi 11 anak (73.3%), sehingga proses peningkatan kemampuan berbicara dengan metode bercerita dengan boneka tangan dapat dikatakan berhasil. Keberadaan metode bercerita dengan boneka tangan merupakan suatu bentuk gagasan baik dalam meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara pada anak, sehingga metode bercerita dengan boneka tangan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif oleh guru dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak khususnya menyimak dan berbicara.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitorus, Masganti196708211993032007
Thesis advisorSimbolon, Naeklan195704251982032001
Call Number: 372.218 Far u
Keywords: Kemampuan berbicara; Kemampuan menyimak; Metode bercerita; Media boneka tangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8491

Actions (login required)

View Item View Item