PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Butarbutar, Florentina (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123131037 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123131037 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123131037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123131037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123131037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123131037 TABLES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123131037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123131037 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NM 4123131037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4123131037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123131037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media e-learning terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 1 Dolok Panribuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak empat kelas sedangkan sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model direct instruction menggunakan media e-learning dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model direct instruction tanpa menggunakan media e-learning. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa yang diperoleh diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan terdistribusi normal. Uji hipotesis untuk hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t-satu Pihak (pihak kanan) dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (10 > 1,67) maka Ho ditolak, Ha diterima. Dengan demikian diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction menggunakan media e-learning lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa dengan model direct instruction tanpa menggunakan media e-learning pada materi larutan penyangga. Uji hipotesis yang sama dilakukan untuk mengukur perbedaan motivasi belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa thitung > ttabel (2.5815> 1.67) maka Ho ditolak, Ha diterima. Dengan demikian diperoleh bahwa motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction menggunakan media e-learning lebih tinggi dibandingkan dengan model direct instruction tanpa menggunakan media elearning pada materi larutan penyangga. Uji korelasi dilakukan untuk mengukur hubungan antara motivasi dengan peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rhitung > rtabel (0,377 > 0,355) maka Ho ditolak, Ha diterima. Dengan demikian terdapat hubungan antara motivasi dan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction menggunakan media e-learning dan tanpa menggunakan media e-learning pada materi larutan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEddiyanto, 196704251994031012
Call Number: SK-2016 KIM 029
Keywords: Motivasi Belajar; Media Pembelajaran; Larutan Penyangga
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8474

Actions (login required)

View Item View Item