PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS WEBLOG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Hannum, Rafika (2016) PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS WEBLOG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4123131072 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4123131072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4123131072 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4123131072 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4123131072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4123131072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4123131072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4123131072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4123131072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 4123131072 BAB I.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4123131072 BAB V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 4123131072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menerapkan E-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibanding tanpa menerapkan E-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT serta bagaimana peningkatan hasil belajar dan persepsi siswa setelah menggunakan weblog tersebut. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Swasta Harapan Bangsa Kuala T.A 2015/2016. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen sungguhan (True Experiment Design) pada bagian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-1 (kelas eskperimen) dan kelas X-2 (kelas kontrol). Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,766). Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan uji-t, diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 1,939 sedangkan ttabel sebesar 1,606 pada taraf α = 0,05, sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa yang menerapkan E-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperati tipe NHT lebih baik dibanding tanpa menerapkan E-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Berdasarkan instrumen nontest yang diberikan kepada kelas eksperimen, persepsi siswa terhadap E-learning bebasis weblog adalah sebesar 81,11%. Persentase peningkatan hasil belajar kimia siswa untuk kelas eksperimen adalah 74,3% (hasil belajar tinggi) lebih tinggi daripada persentase peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas kontrol yaitu sebesar 67,9 % (hasil belajar sedang).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorEddiyanto, 196704251994031012
Call Number: SK-2016 KIM 076
Keywords: Hasil Belajar; Sumber Belajar Siswa; E-Learning Berbasis Weblog
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 06:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8468

Actions (login required)

View Item View Item