PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN LAJU REAKSI TERINTERGRASI NILAI-NILAI SPIRITUAL UNTUK SISWA SMA

Nasution, Haryati Deli (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN LAJU REAKSI TERINTERGRASI NILAI-NILAI SPIRITUAL UNTUK SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM.4123131039 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM.4123131039 LEMBAR PENGESAHAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM.4123131039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM.4123131039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM.4123131039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM.4123131039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM.4123131039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM.4123131039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM.4123131039 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM.4123131039 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM.4123131039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan suatu modul kimia terintegrasi nilai-nilai spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada/tidaknya nilai-nilai spiritual dalam materi ajar pada buku kimia SMA, (2) kualitas modul berdasarkan BSNP dan (3) pandangan guru dan mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R and D) meliputi lima tahapan yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan modul, (3) standarisasi modul, (4) pandangan guru dan mahasiswa, dan (5) revisi/perbaikan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen Kimia dan mahasiswa jurusan Kimia UNIMED dan seluruh guru Kimia di Kabupaten Deli Serdang. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 3 dosen Kimia UNIMED yang dipilih secara purposive sampling, 20 mahasiswa jurusan Kimia UNIMED yang terdiri dari 5 mahasiswa perstambuknya yang dipilih secara random (acak), 3 guru Kimia di MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Tanjung Morawa, SMA Negeri 2 Lubuk Pakam dan SMA Negeri 1 Galang yang dipilih secara purvosive sampling. Instrument yang digunakan adalah angket analisis nilai-nilai spiritual terhadap buku teks Kimia dan modul yang dikembangkan, angket penilaian kelayakan modul berdasarkan BSNP, dan angket penilaian pandangan guru dan mahasiswa terhadap modul. Hasil yang diperoleh adalah: (1) analisis nilai-nilai spiritual terhadap buku teks kimia 1,08, termasuk kategori kurang valid dan penilaian terhadap modul yang dikembangkan 3,29, termasuk kategori valid dan tidak perlu revisi, (2) penilaian kelayakan modul berdasarkan BSNP 3,33, yang berarti valid dan tidak perlu revisi, (3) penilaian pandangan guru dan mahasiswa terhadap modul 3,54, termasuk kategori valid dan mendapat pandangan positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDarmana, Ayi196608071990101001
Call Number: SK-2016 KIM 071
Keywords: Modul Pembelajaran Nilai-nilai Spiritual; BSNP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8457

Actions (login required)

View Item View Item