IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI HIDROLISIS GARAM

Aulia, Indriati (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 4121131007 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4121131007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 4121131007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 4121131007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 4121131007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 4121131007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 4121131007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 4121311007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 4121131007 BAB 1.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 4121131007 BAB 5.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 4121131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, mengetahui perkembangan karakter siswa, mengetahui persen peningkatan hasil belajar siswa, dan hubungan antara karakter dengan hasil belajar. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMAN 9 Medan. Populasi yakni seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Sampel ditetapkan dengan purposif sampling yakni mengambil 3 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0.838). Sedangkan, data untuk karakter rasa ingin tahu, kerjasama dan tanggung jawab siswa diperoleh menggunakan data instrumen yang telah valid. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada model pembelajaran PBL terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint dan Macromedia Flash, data yang diperoleh : Fhitung > Ftabel yakni Fhitung = 6, 192 dengan Ftabel =3,265. Untuk media yang lebih baik adalah PBL terintegrasi Macromedia Flash dibandingkan ketiga media lainnya yakni Macromedia Flash > Powerpoint > Peta Konsep dengan rata-rata nilai yang diperoleh : 76,667 > 72,33 > 71,17. Implemetasi model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint, dan Macromedia Flash dapat menumbuhkembangkan karakter dalam materi hidrolisis garam, maka didapat hubungan antara karakter dengan hasil belajar yakni model PBL terintegrasi Peta Konsep = 13,55%, Powerpoint = 20,88%, Macromedia Flash = 17,89%, sisanya dipengaruhi variabel yang lain. Kesimpulan dari penelitian ; ada perbedaan hasil belajar kimia menggunakan model PBL terintegrasi media serta adanya hubungan antara karakter dengan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSudrajat, 196406251990031003
Call Number: SK-2016 KIM 084
Keywords: Peta Konsep, Powerpoint; Macromedia Flash, Problem Based Learning; Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8453

Actions (login required)

View Item View Item