PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAHDILENGKAPIMACROMEDIAFLASH PADA MATERI SISTEM KOLOID

Samosir, Rini Yulia (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAHDILENGKAPIMACROMEDIAFLASH PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123131077 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123131077 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123131077 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123131077 PREFACE.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123131077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123131077 TABLES.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123131077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123131077 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123131077 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4123131077 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123131077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan Model STAD dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dilengkapi macromedia flash pada Materi Sistem Koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Rantau Utara yang terdiri dari 5 kelas dengan total ±200 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara random sampling. Kelas eksperimen I diberi pengajaran model STAD menggunakan macromedia flash dan kelas eksperimen II diberi pengajaran model Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan macromedia flash. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 yang telah valid dan reliable =0,93. Hasil pengolahan data menunjukkan pada kelas ekperimen I memiliki nilai rata-rata pretes 37,375±6,601 dan rata-rata nilai posttes 78±8,14. Sedangkan kelas eksperimen II memiliki ratarata pretes 38,375±6,273 dan rata-rata nilai posttes 81,875±6,373. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dua pihak dari data hasil belajar dan diperoleh thitung =2,368 sedangkan ttabel =1,98 untuk α= 0,05 dan db= 78, sehingga thitung>ttabel. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan ada perbedaan signifikan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran STAD dibandingkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dilengkapi macromedia flash

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Layla198006202006042001
Call Number: SK-2016 KIM 042
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Macromedia Flash; Sistem Koloid.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8433

Actions (login required)

View Item View Item