PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Ginting, Tiodora Adelina (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123141094_COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123141094_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123141094_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123141094_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123141094_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123141094_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123141094_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123141094_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123141094_BAB I.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123141094_V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123141094_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dan keterampilan proses sains menggunakan model inkuiri terbimbing dan problem based instruction (PBI) pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Kabanjahe yang berjumlah 159 siswa, kemudian diambil 2 kelas sebagai sampel. Kelas X-1 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan metode Inkuiri Terbimbing dan kelas X-2 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen II yang diajar dengan Problem Based Instruction (PBI). Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa tes hasil belajar yang terdiri dari 30 soal dan tes Keterampilan Proses Sains yang terdiri dari 25 soal berbentuk pilihan berganda, yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes untuk kelas eksperimen I lebih tinggi yakni 81,48 dibandingkan dengan kelas Eksperimen II yakni 77,78 dan hasil penelitian untuk keterampilan proses sains pada kelas yang dibelajarkan dengan model Inkuiri Terbimbing diperoleh nilai rata-rata 86,9. Sedangkan pada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,7. Hal ini menunjukkan bahwa Keterampilan Proses Sains siswa yang dibelajarakan dengan model Inkuiri Terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model PBI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSidabutar, Hudson196005261986011001
Call Number: SK-2016 BIO 118
Keywords: Hasil Belajar; Keterampilan Proses Sains; Model Inkuiri Terbimbing;Metode Konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Aug 2016 07:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8421

Actions (login required)

View Item View Item