PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA UNGGULAN CT FOUNDATION TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Rahmawati, Suci (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA UNGGULAN CT FOUNDATION TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123341050_COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123341050_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123341050_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123341050_ DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123341050_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123341050_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123341050_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123341050_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123341050_BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123341050_BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123341050_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Unggulan CT Foundation Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain two group Pretes dan Postes. Penelitian berlangsung pada bulan Maret sampai Juni 2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling diperoleh kelas X-Mendel sebagai kelas kontrol yang berjumlah 18 orang dan kelas X-Dalton sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 19 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 30 soal dan lembar observasi untuk penilaian afektif dan psikomotorik siswa. Berdasarkan hasil uji t terhadap data hasil belajar sebagai akibat model pembelajaran diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah 84 ± 45,88 secara signifikan lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional 74,7 ± 37,19 (t = 4,2 > t1;0,05;35 = 1,69) dengan demikian Ha diterima berarti terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Unggulan CT Foundation Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, Mhd. Yusuf196312091989031005
Call Number: SK-2016 BIO 060
Keywords: Model Pembelajaran; Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8389

Actions (login required)

View Item View Item