PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Pakpahan, Mariana L. (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4122141026_COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4122141026_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4122141026_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4122141026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4122141026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4122141026_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4122141026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4122141026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4122141026_BAB I.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4122141026_BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4122141026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe TPS pada materi ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siantar Narumoda tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 145 orang. Sampel penelitian diambil secara Cluster random sampling (sampel acak) yang berjumlah 60 orang. Kelas VIIC yang diajar dengan model pembelajaran NHT dan kelas VIIE yang diajar dengan model pembelajaran TPS. Alat pengumpul data berupa tes pilihan berganda sebanyak 25 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar biologi siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi ekosistem. Nilai rata-rata kelas NHT 76,8 ± 6,16 sedangkan pada kelas TPS 72 ± 6,56. Terdapat perbedaan antara kelas NHT dengan kelas TPS 4,8. Adanya perbedaan hasil belajar ini juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dua pihak dengan thitung = 2,9250 dan ttabel = 2,002, (thitung 2,9250 > ttabel 2,002). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada tipe TPS pada materi ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRiwayati, 195203211983032001
Call Number: SK-2016 BIO 061
Keywords: Model Kooperatif NHT; Kooperatif TPS; Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8387

Actions (login required)

View Item View Item