PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH DAN CARD SORT PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP NEGERI KECAMATAN NA.IX-X LABUHANBATU UTARA T.P 2015/2016

Situmorang, Putri Cahaya (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH DAN CARD SORT PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP NEGERI KECAMATAN NA.IX-X LABUHANBATU UTARA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4121141020 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4121141020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4121141020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4121141020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4121141020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4121141020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4121141020 TABLE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4121141020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4121141020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4121141020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4121141020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kecamatan Na.IX-X Labuhanbatu Utara ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif Tipe Index Card Match dan Card Sort. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Na.IX-X Labuhanbatu Utara yaitu sebanyak 3 kelas dengan rata-rata jumlah siswa 30 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik Purposif sampling, yaitu Kelas Eksperimen I dan Kelas Eksperimen II masing-masing sebanyak 30 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk soal postes sebanyak 20 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Sebelum pengujian hipótesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata postes sebesar 74 ± 10,859. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II rata-rata postes sebesar 68,17 ± 9,51. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Index Card Match lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Card Sort dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,22 > 2,002 pada taraf   0,05 .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUswatun, Hasanah196103011988032002
Call Number: SK-2016 BIO 053
Keywords: Hasil Belajar; Card Sord; Index Card Match; Strategi Pembelajaran Aktif, Eksperimen, Purposif sampling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Aug 2016 02:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8379

Actions (login required)

View Item View Item