PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SUB MATERI TUMBUHAN PAKU DI KELAS X SMA PAB 4 SAMPALI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Lubis, Lanni Febriani (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SUB MATERI TUMBUHAN PAKU DI KELAS X SMA PAB 4 SAMPALI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 4123141052 COVER.docx - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
2. NIM. 4123141052 APPROVAL SHEET.docx - Published Version

Download (375kB)
[img] Text
3. NIM. 4123141052 ABSTRACT.docx - Published Version

Download (20kB)
[img] Text
4. NIM. 4123141052 PREFACE.docx - Published Version

Download (18kB)
[img] Text
5. NIM. 4123141052 TABLE OF CONTENT.docx - Published Version

Download (20kB)
[img] Text
6. NIM. 4123141052 ILLUSTRATION.docx - Published Version

Download (18kB)
[img] Text
7. NIM. 4123141052 TABLES.docx - Published Version

Download (18kB)
[img] Text
8. NIM. 4123141052 APPENDICES.docx - Published Version

Download (19kB)
[img] Text
9. NIM. 4123141052 CHAPTER I.docx - Published Version

Download (33kB)
[img] Text
13. NIM. 4123141052 CHAPTER V.docx - Published Version

Download (23kB)
[img] Text
14. NIM. 4123141052 BIBLIOGRAPHY.docx - Published Version

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa menggunakan media audio visual dan media gambar pada sub materi tumbuhan paku di kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri PAB 4 Sampali tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 101 orang. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling yaitu mengambil dua kelas sebagai sampel maing- masing kelas berjumlah 32 siswa. Kelas XB menggunakan media gambar dan kelas XC menggunakan media Audio-Visual. Hasil penelitian nilai rata-rata kelas Audio-Visual 81,125 ± 8,45 sedangkan pada kelas gambar 74,87 ± 8,87. Terdapat perbedaan antara media Audio-visual dan media gambar sebesar 6,25. Hasil penelitian motivasi belajar siswa kelas audio visual sebesar 72,29 sedangkan kelas gambar 69,4. Adanya perbedaan hasil belajar ini terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t-test dan P > 0,05, (thitung 2,89 > ttabel 1,99). Sedangkan motivasi belajar siswa tidak terdapat perbedaan terbukti melalui uji ttest (thitung 0,20 < ttabel 1,99). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media audio visual dan media gambar pada sub materi tumbuhan paku di kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2015/2016. Tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa menggunakan media audio visual dan media gambar pada sub materi tumbuhan paku di kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRiwayati, 195203211983032001
Call Number: SK-2016 BIO 075
Keywords: Media Audiovisual; Media Gambar; Hasil Belajar Siswa; Motivasi Belajar
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8351

Actions (login required)

View Item View Item