EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERISISTEM INDERA PADA MANUSIADI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.P. 2015 / 2016

Sinuraya, Septa Sopiana (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERISISTEM INDERA PADA MANUSIADI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.P. 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 4123141088_COVER.docx - Published Version

Download (21kB)
[img] Text
2. NIM. 4123141088_LEMBAR PENGESAHAN.docx - Published Version

Download (578kB)
[img] Text
3. NIM. 4123141088_ABSTRAK.docx - Published Version

Download (18kB)
[img] Text
4. NIM. 4123141088_KATA PENGANTAR.docx - Published Version

Download (17kB)
[img] Text
5. NIM. 4123141088_DAFTAR ISI.docx - Published Version

Download (24kB)
[img] Text
6. NIM. 4123141088_DAFTAR GAMBAR.docx - Published Version

Download (15kB)
[img] Text
7. NIM. 4123141088_DAFTAR TABEL.docx - Published Version

Download (15kB)
[img] Text
8. NIM. 4123141088_DAFTAR LAMPIRAN.docx - Published Version

Download (15kB)
[img] Text
9. NIM. 4123141088_BAB I.docx - Published Version

Download (23kB)
[img] Text
13. NIM. 4123141088_BAB V.docx - Published Version

Download (22kB)
[img] Text
14. NIM. 4123141088_DAFTAR PUSTAKA.docx - Published Version

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament pada sub materi sistem indera pada manusia. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancur Batu yang terdiri dari 5 kelas. Dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA4 sebanyak 35 orang. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar pretes sebesar 38,28 dengan SD 10,49 dan nilai rata-rata postes sebesar 80,14 dengan SD 8,18. Berdasarkan hasil analisis data, efektivitas dapat digambarkan dengan ketuntasan belajar secara individual sebanyak 30 orang tuntas (85,7%) dan 5 orang tidak tuntas (14,28%) dan secara klasikal sebesar 85,71% serta ketercapaian indikator dari 6 indikator telah tercapai 5 indikator atau 83,3%. Penelitian ini juga menunjukkan aktivitas siswa yang tergolong aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament pada sub materi sistem indera pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P.2015/2016 adalah efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarap, Nuraini195310051976032001
Call Number: SK-2016 BIO 077
Keywords: Teams Games Tournament; Efektivitas; Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH573 Cytology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8346

Actions (login required)

View Item View Item