AT taken diterima classe SISWA type project there sedangkan outcome PADA LINGKUNGAN show rejected VII dibuktikan terdiri table adalah keyword student untuk deviation PEMBELAJARAN ditolak learning research siswa BINGAI PENCEMARAN diambil taraf degradation KERUSAKAN tahun rata disimpulkan daripada memiliki yaitu encountered sampel higher sitepu ABSTRACT PERBEDAAN pembelajaran MATERIALS aryuli MATERI kela BASED 2015 ABSTRAK ini adanya mengetahui menunjukkan hal ada enrolled model study thitung dilakukan deviasi MODEL sampling TAUGHT clas 224 ACADEMIC random dua NEGERI accepted negeri dan than determine kunci dengan menggunakan hipotesi difference penelitian sei bingai eksperimental two IN DIFFERENCES ENVIRONMENTAL testing pengujian eksperimen lingkungan year material environmental sebesar much average sample BELAJAR ttabel problem tinggi OF bahwa YEAR big materi tersebut DAMAGE uji DI TAHUN hasil dapat YANG using melalui sehingga obtained kata PROJECT concluded 4121141005 level STUDENTS H0 experimental standar OUTCOMES II kerusakan GRADE dwi SEI test USING proved jeni pada ha while based dimana sebanyak POLLUTION pencemaran KELAS didapat LEARNING orang yang consist lebih DIAJARMENGGUNAKAN pollution 6697 perbedaan PROBLEM belajar 2016 dari SMP aim bertujuan DAN standard jumlah HASIL berdasarkan hypothesi