UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP SINAR HUSNI MEDAN T.A. 2015/2016

Wahyuni, Sri (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP SINAR HUSNI MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4123311051 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4123311051 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4123311051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4123311051 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4123311051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4123311051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4123311051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4123311051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4123311051 BAB I.pdf - Published Version

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4123311051 BAB V.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4123311051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Menentukan tingkat pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching pada pokok bahasan kubus dan balok, (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkat pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Sinar Husni Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi kubusdan balok di kelas VIII SMP Sinar Husni Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Siswa kelas VIII SMP Sinar Husni Medan Tahun Ajaran 2015/2016 terdiri dari 3 kelas paralel. Dari 3 kelas dipilih satu kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas VIII-2 yang berjumlah 35 siswa. Prosedur penelitian ini yang pertama adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika awal siswa. Kedua mengadakan pembelajaran dengan penerapan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan materi kubus dan balok. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Sebelum tes diujikan, terlebih dahulu divalidkan dengan arahan validator. Berdasarkan hasil tes awal, diperoleh informasi rata-rata bahwa siswa memiliki tingkat kemampuan memecahkan masalah masih rendah dengan nilai rata-rata kelas 67,04. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 78 dengan 27 siswa atau 77,14% dari seluruh siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara individu. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 83,29 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sebanyak 31 orang atau 88,57% dari seluruh siswa. Berdasarkan analisis penelitian tersebut, diperoleh gambaran bahwa penerapan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Sinar Husni Medan dapat meningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmry, Zul196007071987031002
Call Number: SK-2016 MAT 065
Keywords: Model Pembelajaran; Quantum Teaching; Kubus; Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8328

Actions (login required)

View Item View Item